Tips Pindah Server Tanpa Harus Menunggu Propagasi Domain

Kali ini saya akan share pengalaman pribadi nih tentang bagaimana memindahkan server website tanpa harus menunggu propagasi domain.
Move Server Website

Kemarin baru saja saya memindahkan hosting website saya yang sebelumnya berada di shared hosting dan sekarang pindah ke rumah baru di VPS hosting. Perlu diketahui setiap server atau hosting mempunyai DNS yang berbeda-beda. Dan setiap domain yang kita miliki harus mengarah ke DNS atau Name Server (NS) hosting yang kita pakai.

Dalam pemindahan NS server lama ke NS server baru pada domain, perlu waktu untuk mendistribusikan DNS hosting baru ke beberapa server dipenjuru dunia (kalau tidak salah berjumlah 21 negara), waktu tunggu itulah yang sering kita sebut dengan propagasi domain. Waktu propagasi biasanya 1x24 jam. Bayangkan saja jika dalam sehari website kita gagal di akses karena belum selesainya waktu propagasi domain, akan berapa banyak kita kehilangan visitor, tentu saja ini akan merugikan kita sendiri dan pengunjung setia website kita.

Dari situlah saya coba-coba cara ini dan ternyata berhasil memindahkan server website tanpa harus menunggu propagasi domain. Dan bisa dibilang langsung pindah ke server baru dengan sekejab. Hehe

Tapi sebelum melakukan tutorial dibawah ini, lakukan pemindahan / cloning website server lama kita ke server yang baru, pastikan semuanya sudah di seting file dan databasenya. Sehingga sewaktu domain sudah mengarah ke server yang baru website tidak error nantinya.

Setelah siap ikuti cara ini:
  1. Buka cpanel hosting lama website kita, kemudian cari Advanced DNS Zone Editor, lalu cari

    namadomain.com | 14400 | IN | A | 139.162.14.15
    www.namadomain.com | 14400 | IN | A | 139.162.14.15

    Nah edit bagian record IP DNS nya 139.162.14.15 (contoh) ke IP DNS server baru kita 128.199.131.155 (contoh)
  2. Kemudian Save / Edit. 
  3. Selanjutnya berpindah ke setingan domain kita. Buka panel dimana domain kita mendaftar. Ganti NS domain ke NS server yang baru, dan pastikan alamat IP DNS nya sama dengan yang tadi kita ubah. Kemudian Save / Edit
  4. Selesai
Untuk melihat apakah setingan NS kita sudah berganti bisa cek melalui website Who.is
Dan untuk melihat penyebaran propagasi DNS domain kita bisa cek melalui website WhatsMyDNS.net

Biasanya perlu beberapa menit untuk melihat pergantian DNS di Who.is. Dan untuk membuktikan apakah domain kita sudah mengarah de server yang baru tanpa propagasi, coba buat di server hosting lama kita index.html dan isi misal "Server Lama". Apabila kita akses domain kita dan tidak menampilkan index.html dengan tulisan "Server Lama", berarti domain sudah langsung mengarah ke server yang baru. 

Ini semua berkat bantuan Advanced DNS Zone Editor, sehingga kita tidak perlu menunggu propagasi domain yang membutuhkan waktu dan tentu saja kita tidak akan kehilangan visitor website kita.

Sekarang website kita sudah berpindah rumah baru, tentunya dengan kondisi yang lebih baik. Untuk mengetahui kualitas hosting yang kita gunakan baca artikal saya sebelumnya tentang Cara Tes Kualitas Hosting.

Itu tadi sharing kecil dari saya tentang Tips Pindah Server Tanpa Harus Menunggu Propagasi Domain, semoga bermanfaat. Dan maaf juga tidak ada ilustrasi gambarnya. Yang masih bingung boleh komen dibawah :)
Thank you for reading our article Tips Pindah Server Tanpa Harus Menunggu Propagasi Domain in ARISLAN HAIKAL if you want to distribute this article, please include a link to the source, and if this article useful please bookmark this page.

Enter your email address for subscribe this blog:

Latest Articles :

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan :)