Tips Sukses Memulai Menjadi Freelancer

Hai selamat malam para freelancer.
Kali ini saya akan share sedikit tips dan trik bagi Anda yang sedang memulai bisnis Freelancer di Freelancer.com atau Freelancer.co.id. Jujur saya sendiri juga baru memulai usaha sampingan dengan mendaftar di Freelancer.com.

Tips dan Trik Menjadi Freelancer
Freelancer.com

Keinginan ini timbul dari tuntutan sang dosen di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta mewajibkan mahasiswanya untuk mendapatkan 100 dolar dalam satu semester. Mau tidak mau harus cari akal untuk mendapatkan dolar tersebut. Maaf ya sedikit curhat heheh

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis online, di antaranya pasang Ads di blog, jual jasa, jual barang dan masih banyak cara lainya. Tetapi cara yang paling mudah sepertinya adalah menjual jasa atau service yang kita miliki. 

Saya sendiri mempunyai kemampuan yang pas-pasan dalam bidang Web Design dan Front End Developer. Saya menguasai HTML, CSS, Javascript. Itu adalah modal utama saya berani daftar sebagai Freelancer. heheh

Freelancer Tips dan Trick
Freelancer

Saya akan membagi beberapa tips dan trik menjadi freelancer yang bisa kita terapkan sebagai freelancer baru alias newbie. Tips dan trik ini mungkin sangat klasik, tetapi ini penting untuk kita sebagai freelancer baru dalam bersaingin dan memenangkan project dengan berbagai macam Freelancer lainya yang ada di dunia ini. Tips dan trik memulai menjadi freelancer adalah sebagai berikut.
  1. Baca baik-baik deskripsi yang di inginkan client apakah sesuai dengan kemampuan kita. Kalau sekiranya kita mampu menerima project tersebut ambilah dan jika tidak maka tinggalkanlah. Disini sangat penting, jangan sampai kita salah ambil project.
  2. Jika client meminta penawaran dari kita, maka layanilah dengan cepat. Beberapa client memang sering meminta rincian dari kita. Segeralah layani dengan cepat dan baik, biasanya client akan melihat seberapa sabar kita dalam menangani sebuah project. Ini mungkin adalah salah satu test yang digunakan client untuk mempertimbangkan kita sebagai pemegang projectnya.
  3. Buat penawaran kepada client dengan jelas dan singkat. Jangan buat client membaca penawaran kita bertele-tele, intinya adalah to the point saja. Apa yang akan kita lakukan dan kerjakan. Karena client mungkin akan mempunyai banyak penawaran dari Freelancer lain dan jangan sampai penawaran kita di abaikan karena terlalu banyak deskripsi penawaran yang kita buat.
  4. Tulis deskripsi penawaran dengan percaya diri. Gunakan bahasa yang jelas dan singkat, sampaikan point-point yang akan kita kerjakan, berapa biayanya dan berapa lama pengerjaanya, Kalau kita bisa percaya diri menuliskan dengan tegas penawaran dari kita, client pasti juga akan percaya pada kita dan tidak akan ragu pastinya.
  5. Jika client menghubungi kita melalui email atau telephone segeralah respon dan balas dengan cepat. Manfaatkan handphone atau gadget kita untuk membalas apa yang dibutuhkan client. Intinya kita harus selalu tersedia untuk client 24 jam.
  6. Gunakan aplikasi Freelancer Mobile untuk menanggapi client dengan cepat dimanapun kita berada. Selain itu kita juga akan mudah mendapatkan penawaran job-job terbaru kapan pun dan dimana pun.
  7. Sediakan dan berikan contoh portfolio yang pernah kita buat secara online. Apabila client memintanya setiap saat kita bisa memberikan sesuai apa yang dibutuhkan client. Client sangat membutuhkan portfolio kita agar client dapat lebih percaya kepada pekerjaan kita.
  8. Berhati-hatilah apabila memberikan portfolio berupa file, gunakan watermark pada file demi menjaga hak cipta karya kita. Mungkin kita sedikit berkorban memberikan file yang dibutuhkan client secara gratis. Tetapi dari situ client akan lebih percaya dan puas apabila kita dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk client.
  9. Hargailah diri kita sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan memberikan harga paling rendah di antara Freelancer lainya di seluruh dunia. Client biasanya akan mencari freelancer yang mempunyai harga di atas rata-rata dengan kemampuan lebih baik terntunya. Mungkin ini akan sedikit berat bagi freelancer pemula, tetapi inilah cara terbaik untuk membangun reputasi kita.
  10. Percaya dirilah dengan apa yang kita miliki. Jangan sampai kita mengada-ada yang kita sendiri tidak bisa melakukannya. Bersikaplah jujur dan terbuka apa adanya kepada client apa yang bisa kita kerjakan. Itu akan lebih baik daripada kita hanya nge pe ha pe client. hahaha
  11. Yang terakhir, jangan lupa periksa seluruh penawaran sebelum kamu kirim kepada client. Dari ejaan, penulisan kata dan bahasa harap diperhatikan dengan baik. Penawaran yang terkesan acak-acakan dengan bahasa yang kurang santun tentu saja membuat client tidak percaya kepada kita. Tulisan buruk adalah mencerminkan karakter buruk juga!
Oke itulah sedikit tips dan trik menjadi seorang Freelancer pemula di Freelancer.com atau Freelancer.co.id. Semoga tulisanya bermanfaat ya! Aamiin
Thank you for reading our article Tips Sukses Memulai Menjadi Freelancer in ARISLAN HAIKAL if you want to distribute this article, please include a link to the source, and if this article useful please bookmark this page.

Enter your email address for subscribe this blog:

Latest Articles :

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan :)